7 alasan bekerja sambil berwirausaha

Anda bisa jadi pengusaha sukses maupun karyawan teladan. Keduanya baik karena tidak semua orang cocok menjadi pengusaha seperti halnya tidak semua orang mampu jadi karyawan teladan.

Jika Anda selalu butuh kepastian, melakukan semua hal sesuai aturan, lebih senang di belakang layar, maka menjadi karyawan bisa jadi pilihan tepat. Sebaliknya jika Anda senang mencoba hal baru, bersemangat bertemu berbagai orang, kemungkinan Anda cocok menjadi pengusaha.

Dilansir Elite Daily, tak perlu bingung membuat keputusan. Karena ternyata, menjadi karyawan yang berwirausaha adalah pilihan terbaik. Mengapa demikian? Setidaknya ada 7 alasan.

Anda butuh uang untuk menghasilkan uang

Modal yang cukup besar diperlukan untuk memulai berwirausaha. Jika Anda tak mau mengambil risiko meminjam ke bank, jalan pintas adalah mendapatkan investasi dari gaji bulanan. Walaupun sebenarnya, ada jalan memulai wirausaha tanpa modal uang.

Berjalan sebelum berlari

Stabilitas dalam lingkungan perusahaan dapat mengajarkan Anda proses pendewasaan diri. Ini penting sebelum Anda siap memulai bisnis. Anggaplah sebagai masa belajar berjalan sebelum Anda dapat berlari kencang. Dalam proses ini, kesalahan adalah wajar. Jika satu kesalahan dapat berakibat fatal untuk bisnis Anda, di perusahaan besar memperbaikinya akan lebih mudah.

Memahami proses bisnis

Jika tujuan Anda membangun perusahaan besar, polanya sudah tersedia, Anda tinggal mempelajarinya proses bisnis http://bpm.com/what-is-bpm ini. Misal, apa dan bagaimana kerja bagian pemasaran, bagian produksi, hukum, pendukung operasional. Proses belajar bisa jadi lebih singkat karena Anda dapat belajar dari contoh yang sudah ada.

Menjadi pengikut yang baik

Sebelum menjadi pemimpin yang baik, jadilah pengikut yang baik. Persis seperti kata Aristoteles. Jika Anda berkesempatan bekerja di perusahaan besar dan memulai dari bawah, jangan sia-siakan kesempatan. Niscaya Anda dapat banyak pelajaran. Seperti mempertimbangkan gaji, bagaimana menumbuhkan karier, dan apa yang terbaik bagi usaha dan pekerjaan di kantor.

Mencari mentor

Anda mendapatkan akses jaringan orang-orang yang berpotensi jadi mentor. Akan lebih mudah menemui mereka saat Anda bekerja untuk satu grup perusahaan.

Lebih berani mengambil risiko

Karena Anda tak perlu mengkhawatirkan soal penghasilan dari usaha. Gaji di kantor dapat mencukupi kebutuhan sendiri. Keuntungan yang Anda dapat dari berwirausaha bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan pertumbuhan usaha. Anda juga dapat bereksperimen dengan produk atau desain baru, akuisisi pelanggan dan perbaikan pelayanan.

Belajar menghargai kebebasan

Memulai dengan bekerja di sebuah perusahaan memungkinkan Anda mengeksplorasi keuntungan menjadi pengusaha. Dengan demikian Anda bisa lebih menghargai kebebasan dan fleksibilitas yang didapat dari berwirausaha.

Menurut Wisebread yang dilansir Intisari, ada beberapa usaha yang dapat Anda coba. Misal guru les, perencana pesta, fotografer, penata rias, pembuat situs dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *